PT UNILEVER Indonesia, Tbk
Tentang Perusahaan
Menurut wikipedia Unilever adalah
perusahaan multinasional yang berkantor pusat di Rotterdam, Belanda (dengan
nama Unilever N.V.) dan London, Inggris (dengan nama Unilever plc.) . Unilever
memproduksi makanan, minuman, pembersih, dan juga perawatan tubuh. Unilever
adalah produsen barang rumah tangga terbesar ketiga di dunia, jika didasarkan
pada besarnya pendapatan pada tahun 2012, di belakang P&G dan Nestlé.
Unilever juga merupakan produsen olesan makanan (seperti margarin) terbesar di
dunia. Unilever adalah salah satu perusahaan paling tua di dunia yang masih
beroperasi, dan saat ini menjual produknya ke lebih dari 190 negara.
Unilever memiliki lebih dari 400 merek
dagang, dengan 14 merek diantaranya memiliki total penjualan lebih dari £1
milliar, yakni: Axe, Dove, Omo, Becel,
Heartbrand, Hellmann's Knorr, Lipton, Lux, Walls, Rama, Rexona, Sunsilk dan
Surf. Unilever N.V. dan Unilever plc,
beroperasi di bawah satu nama dan dipimpin oleh dewan direksi yang sama.
Unilever dibagi menjadi empat divisi utama, yakni Makanan, Minuman dan Es Krim,
Perawatan Rumah Tangga, dan Perawatan Tubuh. Unilever memiliki pusat riset dan
pengembangan di Inggris, Belanda, Tiongkok, India, dan Amerika Serikat.
Unilever didirikan pada tahun 1930 sebagai
hasil penggabungan dari produsen margarin asal Belanda, Margarine Unie dan
produsen sabun asal Inggris, Lever Brothers. Selama paruh kedua dari abad
ke-20, Unilever secara signifikan berdiversifikasi ke berbagai bidang bisnis
dan juga berekspansi ke berbagai negara. Unilever juga membuat beberapa upaya
akuisisi, termasuk Lipton (1971), Brooke Bond (1984), Chesebrough-Ponds (1987),
Best Foods dan Ben & Jerry's (2000), serta Alberto-Culver (2010). Pada
dekade 2010an, di bawah kepemimpinan Paul Polman, Unilever secara perlahan
menggeser fokus bisnisnya ke bisnis kesehatan dan kecantikan, dari yang
sebelumnya ke bisnis makanan, yang menunjukkan tren perlambatan pertumbuhan.
Unilever Indonesia adalah perusahaan
Indonesia yang merupakan anak perusahaan dari Unilever. Perusahaan ini
sebelumnya bernama Lever Zeepfabrieken N.V. Unilever Indonesia didirikan pada 5
Desember 1933 sebagai Lever Zeepfabrieken N.V. Pada 22 Juli 1980, nama
perusahaan diubah menjadi PT Lever Brothers Indonesia dan pada 30 Juni 1990,
nama perusahaan diubah menjadi PT Unilever Indonesia Tbk. Unilever Indonesia
melepas 15% sahamnya di Bursa Efek Jakarta dan Bursa Efek Surabaya pada tahun
1981. Unilever Indonesia mempunyai lebih dari 1.000 distributor di seluruh
Indonesia. PT Unilever Indonesia Tbk merupakan bagian dari Unilever Group
NV/plc untuk memproduksi dan mengawasi semua merek yang diproduksi oleh
Unilever (seperti Surf, Close-up, Clear dll.) PT Unilever sangat terkenal
dengan produk-produk yang sudah familiar di masyarakat Indonesia.
Bagaimana Proses Recruitment karyawan di
perusahaan ini ?
Unilever dalam pengambilan karyawan sudah
cukup memanfaatkan teknologi, yakni dalam website nya
https://www.unilever.co.id/ ada tab karir
Tab karir ini terbagi untuk golongan
prifessional dan bagi fresh graduate dan mahasiswa
Jika
pilih tab bagi lulusan baru dan mahasiswa maka akan banyak pilihan
seperti dibawah ini
Terdapat 2 program yang ditawarkan yaitu :
1. Unilever
Future Leaders Programme
Merupakan Program selama 3 tahun yang
dirancang untuk mempersiapkan pemimpin masa depan Unilever melalui berbagai
proyek dan peran yang menantang untuk menjadi seorang pemimpin bisnis. UFLP
mempersiapkan Anda dengan rotasi ke berbagai divisi, rotasi internasional,
lingkungan belajar yang sangat mendukung, berbagai pelatihan serta pengembangan
profesional langsung dari para pemimpin Unilever. Minimum S1, terbuka bagi
mahasiswa yang akan lulus pada tahun tersebut, ataupun yang sudah berpengalaman
kerja maksimal 2 tahun dan Terbuka untuk semua jurusan Pilihan yang tersedia
untuk batch ini : Marketing, Supply Chain, Customer Development, Human
Resources
2. Unilever
Internship Program
Program internship ini memberikan kamu
kesempatan untuk bekerja dalam tim lintas departemen dalam mengerjakan sebuah
projek tertentu.
Pilihan internship di Unilever Indonesia adalah
:
• Marketing
• Supply
Chain
• Costumer
development
• Finance
• Human
resources
Internship terbuka sepanjang tahun dan
disesuaikan dengan ketersediaan proyek.
Syarat
nya apa saja ?
• IPK
tidak kurang dari 3.0
• Lancar
berbahasa Inggris (baik lisan dan tertulis)
• Kami
menyarankan untuk menyesuaikan departement internship pilihan kamu dengan latar
belakang pendidikan. Tetapi, jika memang kamu memiliki passion pada departemen tertentu dari latar pendidikan mendukung, silahkan daftar pada departemen yang
diinginkan.
• Bersedia
melakukan full-time internship untuk 2-6 bulan di Unilever
• Memiliki
passion untuk meniti karir di industri FMCG setelah lulus kuliah
Apa Benefit yang didapatkan ?
• Kamu
diharapkan untuk berpindah sementara ke kota dimana program internship kamu
berlangsung atas biaya pribadi
• Selama
program internship, kamu akan mendapatkan tunjangan yang kompetitif secara
bulanan.
• Kamu
juga memiliki akses ke fasilitas yang dimiliki oleh Unilever seperti gym, makan
siang di kantin, fasilitas medis, dan pengembalian etrhadap biaya-biaya yang
terjadi untuk menyelesaikan projek internship sesuai dengan ketentuan
perusahaan.
Bagaimana proses seleksinya ?
• Pendaftaran
Online (http://bit.do/ULIPRegistration)
• Tes
Online
• Focus
Group Discussion
• Wawancara
Pendaftaran
Dengan menggunakan informasi dari profil
LinkedIn Anda untuk menghemat waktu proses pendaftaran dan hati-hati dalam
pengisian formulir pendaftaran. Pastikan data diri, kontak dan alamat email
Anda benar. Sebab dari data-data tersebut, kami akan menghubungi Anda
Wawancara
Dilakukan secara online atau disebut
Digital Demand Interview maka dari itu, Pastikan Anda melakukan interview di
tempat yang bebas gangguan. Lakukan interview seperti Anda sedang bertatap muka
langsung dengan interviewer. Ingin memberikan kesan terbaik? Pastikan latar
belakang saat interview Anda tenang dan bebas gangguan.
Lihat kamera, bukan pada layar. Melihat
kamera saat berbicara memberikan kesan kontak mata langsung kepada interviewer.
Cara Anda berpakaian berperan penting untuk memberikan kesan yang baik saat
diinterview.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar